Ketika Anda belajar rias pengantin Jawa nanti, ada beberapa tata cara yang perlu Anda perhatikan untuk Anda terapkan nantinya begitu Anda sudah bisa menerapkan ilmu dari kursus rias yang Anda ikuti. Di samping itu, mengingat bahwa rias pengantin Jawa dilakukan dengan mengikuti tradisi, ada beberapa ritual yang biasa dilakukan sebagai bagian dari persiapan.

Terkadang, ada perias pengantin Jawa yang percaya bahwa mereka perlu berpuasa terlebih dahulu untuk memenuhi sebuah prasayarat. Sebab, ada kepercayaan bahwa berpuasa sebelum menjalankan tugas bisa memberikan hasil riasan yang sempurna dengan seluruh aura positif yang dimiliki sang mempelai wanita akan keluar dengan sendirinya.

Almh. Tienuk Riefki, sang maestro rias tradisional Jawa yang juga melayani keluarga Kraton Yogyakarta sendiri juga menjalankan puasa sebelum menunaikan pekerjaannya. Hanya saja, seperti yang dikutip dari Dewi Magazine, puasa yang ia jalankan bertujuan untuk melatih kesabaran. Pasalnya, rias pengantin Jawa adalah sebuah pekerjaan yang perlu dilakukan dengan sabar dan senang hati, bukannya dengan terburu-buru.

Selain puasa, ada juga para perias pengantin Jawa yang juga menjalankan ritual-ritual lainnya. Meski demikian, pada dasarnya masing-masing perias perlu melakukan beberapa tahapan proses penting, yang juga akan Anda pelajari ketika belajar rias pengantin Jawa nanti. Apa saja tahapan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Analisis Wajah Pengantin Wanita
Pada tahap ini, seorang perias perlu mengetahui apa warna kulit calon mempelai wanita, serta karakteristik lain yang khas pada wajahnya, seperti bentuk wajah, jenis kulit, bentuk mata, bentuk bibir, bentuk alis, dan sebagainya. Di samping itu, perias juga perlu mempelajari apakah ada hal yang perlu disamarkan dari wajah sang mempelai wanita, seperti jerawat atau bekas luka.

Tujuan dari tahapan ini adalah untuk membantu perias merencanakan riasannya dengan baik. Bagi Anda yang sudah familier dengan dunia rias atau makeup, Anda barangkali sudah tahu kan kalau ada teknik-teknik khusus yang bisa membuat ciri atau karakteristik wajah tertentu akan terlihat menonjol dan makin menarik.

Misalnya, siapa bilang punya wajah bulat kalah berarti kalah cantik dengan mereka yang punya wajah oval dengan garis V yang jelas pada dagu? Sebab, dengan perencanaan yang baik, seorang perias justru akan memberikan hasil riasan yang terbaik dan sesuai dengan karakteristik masing-masing pengantin, sehingga kecantikannya akan terpancar dengan sempurna.

Desain Riasan untuk Pengantin

Paes sendiri merupakan hiasan hitam yang terdapat pada bagian dahi pengantin wanita. Ketika Anda belajar rias pengantin Jawa nantinya, Anda akan mulai dengan menggambar pola terlebih dahulu pada bagian dahi, sebelum akhirnya mengaplikasikan pidih hitam.

Sementara itu, berdasarkan tradisi rias pengantin Jawa, bedak yang digunakan adalah bedak berwarna kuning. Bentuk alis pengantin Jawa sendiri juga sangat khas, yaitu bentuk alis gaya mangot melengkung yang terinspirasi dari bentuk tanduk rusa sebagai lambang keperkasaan yang dikenakan pengantin wanita.

Pemilihan Produk Kosmetik yang Sesuai

Anda juga pasti sudah tahu kalau jenis kulit masing-masing orang berbeda-beda, kan? Karena itulah pemilihan produk kosmetik yang sesuai juga dibutuhkan untuk membantu pengantin wanita merawat kulitnya. Materi ini bisa Anda dapatkan bukan hanya di kelas kursus MUA, tapi juga kursus belajar rias pengantin Jawa.

Selain produk yang sesuai dengan jenis kulit, jangan lupa juga untuk mempersiapkan peralatan lain yang penting dalam melakukan rias pengantin Jawa. Misalnya bedak warna kuning, pensil mata warna hitam, hingga eyeshadow warna cokelat dan hijau mudah. Kemudian, siapkan juga pemerah pipi dan lipstik, yang umumnya berwarna merah sirih klasik.

Nah, itulah gambaran umum proses rias pengantin Jawa yang perlu Anda ketahui dan akan pelajari ketika kursus nanti. Prosesnya memang panjang dan rumit, tapi dengan semangat dan tekad yang kuat, belajar rias pengantin Jawa bisa terasa jadi hal yang sangat menyenangkan untuk Anda nikmati, kok!
Belajar Rias Pengantin Jawa Untuk Pemula