Belajar Makeup Artist untuk Pemula

Profesi sebagai makeup artist atau MUA saat ini semakin populer di Indonesia. Selain bisa menjadi profesi utama, menjadi MUA juga bisa dijalankan untuk usaha sampingan, bahkan bagi mereka yang sudah kerja kantoran sekalipun! Karena itu, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat di Indonesia untuk menggeluti karir sebagai seorang MUA, tak heran jika kemudian ada banyak tempat kursus MUA yang dibuka. Biasanya, tempat kursus tersebut didirikan oleh para MUA profesional dan tersertifikasi dengan pengalaman selama bertahun-tahun

Di samping itu, banyak juga salon rias pengantin yang menawarkan kursus MUA selain program kursus untuk belajar rias pengantin Jawa. Meskipun keduanya terdengar mirip karena sama-sama soal riasan atau makup, sebenarnya MUA dan rias pengantin adalah dua hal yang berbeda.

Nah, bagi Anda yang saat ini sudah mantap ingin mengikuti program kursus MUA karena hobi maupun karena tertarik dengan peluang kariernya, ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu dengan saksama ketika akan memilih tempat kursus. Apa saja, ya? Yuk, simak tips dan penjelasannya berikut ini!

Dapatkan Informasi Sebanyak-Banyaknya

Ada banyak hal penting yang bisa Anda peroleh hanya dengan memastikan bahwa Anda tidak melewatkan tahap ini. Pertama, Anda bisa temukan berbagai referensi tempat kursus MUA yang direkomendasikan atau populer di sekitar Anda. Kedua, Anda bisa temukan juga informasi soal siapa saja instrukturnya, biaya, paket program kursus dan durasinya, serta berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Pada dasarnya, dengan mengumpulkan soal informasi mengenai tempat kursus MUA, Anda bisa bekali diri dengan berbagai detail penting yang Anda anggap wajib diketahui untuk memilih tempat kursus terbaik yang pas bagi Anda.

Baca Review atau Testimoni

Tips yang satu ini sebenarnya masih cukup berkaitan dengan tips sebelumnya. Sebab, dari berbagai informasi yang bisa Anda kumpulkan, salah satunya adalah testimoni atau review dari peserta kursus yang telah lulus, terutama untuk tempat kursus yang memiliki website dengan tampilan informatif dan profesional.

Selain itu, Anda juga bisa minta rekomendasi dari orang-orang di sekitar, terutama dari mereka yang pernah mengikuti kursus MUA langsung. Dengan begitu, Anda bisa mendengarkan sendiri testimoni secara langsung yang biasanya cenderung terdengar lebih terpercaya.

Hal yang Anda tanyakan atau cari tahu misalnya dari bagaimana cara instruktur menyampaikan materi dan memegang kelas kursus, seberapa interaktif instruktur yang mengajar, dan sebagainya.

Pengalaman dan Jam Terbang MUA

Karena seorang MUA merupakan profesi yang mengandalkan praktik untuk mengembangkan dan meningkatkan keahliannya, maka tak heran kalau makin berpengalaman seorang MUA, makin berkualitas kemampuannya. Hanya saja, Anda perlu cermati bahwa jam terbang yang dihitung bukan sebatas pengalaman seorang MUA melakukan make over atau seberapa sering ia mengikuti lomba, tapi juga jam terbangnya selama mengajar.

Fasilitas dan Materi yang Disediakan Saat Kursus

Pastikan apa saja materi yang akan Anda terima begitu Anda mengikuti kursus yang ditawarkan. Biasanya, ada tempat kursus yang menawarkan materi yang dibagi ke dalam beberapa modul atau paket berdasarkan tingkat keahlian peserta. Untuk Anda yang masih pemula dan awam soal makeup, Anda bisa memilih alternatif ini dan memulai kursus dari tingkat dasar atau pemula. Dengan begitu, Anda jadi bisa belajar dari nol untuk meningkatkan dan menambah kemampuan Anda, kan?

Soal fasilitas, masing-masing tempat kursus biasanya sudah menentukan standar mereka sendiri. Meski demikian, fasilitas yang paling umum adalah ruang kelas yang nyaman dan ber-AC, instruktur yang merupakan MUA profesional dan berpengalaman, serta peralatan makeup yang sudah disediakan khusus. Ada juga tempat kursus yang tidak menyediakan peralatan makeup, sehingga Anda perlu membawa sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau. Yang manapun pilihan Anda, pastikan Anda pertimbangkan dengan bijak dan matang, ya!

Biaya Kursus

Tak perlu diragukan lagi bahwa biaya jadi salah satu pertimbangan penting ketika Anda akan menentukan pilihan tempat kursus MUA maupun belajar rias pengantin Jawa. Ingat, murah-mahal adalah relatif, sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan reputasi tempat kursus, pengalaman dan jam terbang MUA instruktur, hingga modul dan fasilitasnya. Selama program yang Anda ikuti tepat dan sesuai dengan kebutuhan, harga tak akan jadi masalah besar, kok.

Belajar Makeup Artist untuk Pemula